Abstract :
Strategi pemasaran merupakan rangkaian suatu kegiatan yang terarah untuk
mencapai sasaran dan dengan pola berpikir yang inovatif dan kreatif, untuk
menghadapi kecenderungan yang terjadi di dalam maupun di luar usaha, yang
akan berpengaruh terhadap kepentingan maupun masa depan usaha itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang digunakan oleh penjual
dalam meningkatkan omset penjualan. Jenis pendekatan penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini yaitu lima informan yang terdiri dari tiga pedagang ikan segar
dan 2 pembeli ikan segar. Teknik dan alat perolehan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik penyajian data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu collection, reduction, display dan
conclucion. Berdasarkan hasil penelitian secara triangulasi menunjukkan bahwa
upaya untuk meningkatkan omset penjualan ikan segar selama pandemi covid 19
di pasar tradisional Tempeh yaitu dengan memanfaatkan melalui media sosial.