Abstract :
Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan dimana konsumen akan
memilih atau memutuskan membeli sebuah produk tertentu, dengan demikian
keputusan pembelian konsumen dapat dipengaruhi dengan beberapa faktor seperti
variasi produk, harga dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh variasi produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap
keputusan pembelian di Martabak Cak Gendut Pasirian Lumajang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini didapatkan dari konsumen yang melakukan pembelian di Martabak
Cak Gendut Pasirian Lumajang. Dalam penentuan sampel menggunakan
nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah
responden sebanyak 60 responden. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner
kepada konsumen yang melakukan pembelian di Martabak Cak Gendut Pasirian
Lumajang dan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier
berganda. Hasil pegujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel variasi
produk dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
pembelian di Martabak Cak Gendut Pasirian Lumajang, tetapi variabel kualitas
pelayanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian
di Martabak Cak Gendut Pasirian Lumajang.