Abstract :
Menganalisis permasalahan keputusan pembelian produk pada UMKM Predator
Handcraft Lumajang ditinjau dari kualitas produk, kepercayaan, dan harga produk
merupakan tujuan dari penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah
konsumen yang telah melakukan pembelian pada UMKM Predator Handcraft
Lumajang selama periode bulan Januari sampai Februari 2021. Jumlah sampel
pada penelitian ini sebanyak 44 responden. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Pendekatan Yamane (1973) dan metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari
kuesioner pada skala 1-10. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
Uji Regresi Berganda. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan IBM
SPSS Statistik 21.0. Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan (1) kualitas
produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM
Predator Handcraft Lumajang, (2) kepercayaan tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian pada UMKM Predator Handcraft Lumajang, dan
(3) harga produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada
UMKM Predator Handcraft Lumajang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa
untuk membuat persepsi konsumen agar melakukan keputusan pembelian
diperlukan adanya peningkatan dan pertahanan kualitas produk, kepercayaan, dan
harga produk. Selain itu, perlu juga dilakukan analisis perilaku konsumen yang
tentunya memudahkan UMKM Predator Handcraft Lumajang dalam menjiwai
konsumen untuk menanamkan kepercayaan pada produknya yang diperjual
belikan.