Abstract :
Deterjen merupakan kebutuhan dalam rumah tangga yang berfungsi sebagai
pembersih pakaian. Seiring berjalannya waktu banyak jenis deterjen yang sudah
diproduksi, contohnya deterjen bubuk dan cair. PT. Wings adalah produk rumah
tangga yang sangat dibutuhkan dan pemeliharaan khususnya pada produk sabun
pencuci pakaian (deterjen). Salah satu produk deterjennya adalah deterjen daia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh harga
terhadap keputusan pembelian, mengetahui dan menjelaskan promosi terhadap
keputusan pembelian. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan sampel berjumlah
45 responden yakni pembeli deterjen daia di Kabupaten Lumajang. Data yang
diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang di analisis menggunakan teknik
analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan adalah data primer.
Peneliti menggunakan simple random sampling untuk teknik pengambilan
sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian deterjen daia di Kabupaten Lumajang.
Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian deterjen daia di
Kabupaten Lumajang.