Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Putra Pratama, Franky Ade
Subject
HC Economic History and Conditions
Datestamp
2021-12-29 03:48:15
Abstract :
Mie instan merupakan salah satu makan favorit yang banyak digemari di belahan
dunia manapun. Asosiasi mie instan dunia (WINA) World Instant Noodles
Association mencatat konsumsi mie instan dunia mencapai 106,42 miliar
sepanjang tahun 2019, atau perhari rata ? rata 290 juta porsi. Di Asia konsumsi
mie instan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Banyak perusahaan
yang bersaing menciptakan inovasi untuk memaksimalkan penjualan agar
memenangkan persaingan di pasar. Penelitian ini adalah untuk menguji dan
menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap
Keputusan Pembelian produk Mie Sedaap Instan di Kecamatan Lumajang. Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
yang dipergunakan yaitu Purposive Sampling. Sampel penelitian berjumlah 60
orang dari populasi sebanyak 180 orang. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Kualitas Produk dan Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian, sedangkan Citra Merek tidak berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan Kualitas Produk, Harga, dan
Citra Merek berpengaruh Signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil
koefisien determinasi (R2
) yang didapat sebesar 83,7% Keputusan Pembelian
produk Mie Sedaap instan di Kecamatan Lumajang mampu dijelaskan oleh
variabel Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek.