DETAIL DOCUMENT
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL RESMI YAMAHA MATARAM SAKTI LUMAJANG
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Nur Pamungkas, Aditya Sofyan
Subject
HC Economic History and Conditions 
Datestamp
2019-10-09 10:02:32 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis kuantitatif dengan mencari hubungan asossiatif yang bersifat kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang memakai jasa bengkel Yamaha Mataram Sakti Lumajang. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 pelanggan yang memakai jasa bengkel Yamaha Mataram Sakti Lumajang dalam periode 2 (dua) bulan yaitu bulan Mei 2016 dan Juni 2016 yang diambil secara Propability Sampling (Random Sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Fungsi regresi linier berganda yang dihasilkan yaitu, Y = -1,018, + 0,496 X1 + 0,191 X2. Hasil uji membuktikan bahwa variabel independen harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan. Artinya menurut pelanggan ada 2 (dua) variabel independen yang dianggap penting yaitu harga dan kualitas pelayanan. Sementara itu hasil koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0, menunjukkan bahwa 68,3% kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu harga dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya yaitu 31,7% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti pengaruh variabel harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan variabel lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang