DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. POS INDONESIA (PERSERO) LUMAJANG
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Vidianasari, Fenny
Subject
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform 
Datestamp
2019-10-09 10:05:40 
Abstract :
Perkembangan dunia bisnis saat ini berjalan dengan pesat. Sehingga para pemasar dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan untuk bisa mampu menguasai pangsa pasar. Menjaga kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan merupakan tujuan utamanya. Berhasil atau tidaknya suatu perusahaan dalam mencapai tujuan tergantung pada kemampuan pimpinan perusahaan dalam mengelola usahanya. Kepuasan konsumen mencerminkan penilaian seseorang terhadap kinerja produk dalam kaitannya dengan ekspektasi. Kebutuhan dan keinginan yang terpenuhi, serta kualitas jasanya sangat menentukan kepuasan konsumen. Tidak hanya itu, promosi yang dilakukan juga mendukung keberhasilan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada PT. Pos Indonesia (Persero) Lumajang. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis Regresi Linier Berganda, Normalitas Data, Multikolinieritas, Heteroskedastisitas, Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada PT. Pos Indonesia (Persero) Lumajang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. Hasil analisis menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan kualitas pelayanan dan promosi secara parsial terhadap kepuasan konsumen; (a) kualitas pelayanan diperoleh nilai B=0,402; thitung= 3,566; dan Sig t= 0,001; dan (b) promosi diperoleh B= 0,529; thitung= 3,913; dan Sig t= 0,000. (2) ada pengaruh positif yang signifikan kualitas pelayanan dan promosi secara simultan diperoleh nilai Fhitung= 116,546; Ftabel= 3,15; Sig. F= 0,000; R= 0,896; R Square= 0,804; dan Adjusted R Square= 0,797. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan promosi dapat mempengaruhi kepuasan konsumen, baik secara parsial maupun simultan. Kualitas pelayanan dan promosi mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 79,7%, sedangkan sisanya 21,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang