DETAIL DOCUMENT
PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KESEHATAN DI KLINIK MUHAMMADIYAH LUMAJANG
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Kurniawan, Yayang
Subject
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform 
Datestamp
2019-10-09 10:55:04 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan assosiatif yang bersifat causal atau penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara lima variabel atau lebih dan besifat sebab akibat. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan bukti adanya pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS kesehatan di Klinik Muhammadiyah Lumajang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan tidak terdapat pengaruh keandalan terhadap kepuasan pasien, terdapat pengaruh ketanggapan terhadap kepuasan pasien, terdapat pengaruh jaminan terhadap kepuasan pasien, tidak terdapat pengaruh empati terhadap kepuasan pasien, tidak terdapat pengaruh wujud terhadap kepuasan pasien dan terdapat pengaruh dimensi kualitas pelayanan dan kepuasan pasien secara simultan terhadap peserta BPJS kesehatan di Klinik muhammadiyah Lumajang. Hasil penelitian terhadap 60 responden dengan menggunakan analisis regresi linier berganda adalah tidak terdapat pengaruh keandalan terhadap kepuasan pasien, terdapat pengaruh ketanggapan terhadap kepuasan pasien, terdapat pengaruh jaminan terhadap kepuasan pasien, tidak terdapat pengaruh empati terhadap kepuasan pasien, tidak terdapat pengaruh wujud terhadap kepuasan pasien secara simultan terhadap Klinik muhammadiyah di Lumajang. Fungsi regresi linier sederhana yang dihasilkan adalah Y = 9,872 + -0,065 X1 + 0,272 X2 + 0,392 X3 + -0,086 X4 + -0,176 X5. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa Hal ini berarti 43,4% kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan wujud sedangkan sisanya yaitu 56,6% kepuasan pasien dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam penelitian lain yang variabel tidak diteliti yaitu : variabel lingkungan kerja, variabel gaya kepemimpinan dan variabel motivasi kerja. 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang