Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Puskesmas
Kedungjajang apabila menggunakan Balanced Scorecard, dan diharapkan
Puskesmas Kedungjajang dapat mengembangkan tidak hanya pada aspek
keuangan saja tetapi juga pada aspek nonkeuangan. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel-variabel yang
digunakan adalah perspektif-perspektif yangnada didalam Balanced Scorecard,
yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis dan
internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian dilakukan
dengan mengambil data selama 2 tahun, yaitu dari tahun 2016-2017,
menggunakan analisis komparatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder
Puskesmas Kedungjajang. Dari hasil penelitian dengan menggunakan Balanced
Scorecard ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa variasi pencapaian,
perspektif keuangan sudah cukup baik, perspektif Proses Bisnis dan internal masih
dianggap kurang sedangkan perspektif pelanggan dan perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran sudah dianggap baik. Namun secara keseluruhan penerapan
Balanced Scorecard sudah dikatakan baik, dan cocok untuk diterapkan pada
Puskesmas Kedungjajang