Abstract :
Koperasi Karyawan Mustikatama disingkat menjadi KKMT, merupakan
bagian dari pasar modern yang menyediakan berbagai macam produk kebutuhan
sehari-hari baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya. Kenyamanan dalam
suasana toko pada KKMT tersebut yaitu kesabaran dari karyawan dalam
merapikan barang-barang setelah diacak-acak pembeli, terdengar alunan musik
yang santai, kemudian tata letak produk yang rapi, kebersihan ruangan, pendingin
beserta pengharum ruangan. Harga jualnya juga standart dan sedikit lebih murah
dari toko swalayan lainnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh suasana toko, keragaman produk, dan persepsi harga seacara parsial dan
simultan. Jumlah responden 40 orang yang melakukan pembelian pada KKMT di
Lumajang. Dengan metode analisis regresi linier berganda, hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara parsial hanya keragaman produk dan persepsi harga
yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan
suasana toko, keragaman produk, dan persepsi harga berpengaruh terhadap
keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan hasil koefisiendeterminasi
sebesar 0,792