Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, iklan
dan citra merek yang signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada
DNA Distrotion Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
mencari hubungan assosiatif yang bersifat kausal atau penelitian yang bersifat
menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih dan bersifat sebab akibat.
Sampel yang diambil adalah 40 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah
purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial inovasi produk
berpengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, iklan mempunyai
pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan citra merek mempunyai
pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan DNA Distrotion Lumajang.
Secara simultan inovasi produk, iklan dan citra merek mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap loyalitas pelanggan DNA Distrotion Lumajang. Fungsi regresi
linier berganda yang dihasilkan Y= 6,611 + 0,351X1 + 0,813X2 + 0,608X3. Hasil
koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 49,4% loyalitas pelanggan
dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu inovasi produk, iklan dan citra
merek, sedangkan sisanya yaitu 50,6% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh
variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti inovasi produk, iklan dan
citra merek sebagai faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, sedangkan
variabel lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan diharapkan dapat
diteliti oleh peneliti selanjutnya pada periode dan layanan internet yang berbeda.