DETAIL DOCUMENT
PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DESA BABAKAN KECAMATAN PADANG KABUPATEN LUMAJANG
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Nugroho, Candra Bakti
Subject
HC Economic History and Conditions 
Datestamp
2019-10-16 14:27:09 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh reliabilitas, ketanggapan, jaminan dan kepastian, empati, dan berwujud terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk variabel reliabilitas tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, variabel ketanggapan tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, variabel jaminan dan kepastian tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, variabel empati mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, variabel berwujud tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang. Sedangkan secara simultan tidak terdapat pengaruh dimensi kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat dengan koefisien determinasi (adjusted R2) diperoleh sebesar 0,675, yang menunjukkan bahwa 67,5% kepuasan masyarakat dapat dijelaskan oleh variabel Reliabilitas, Ketanggapan, Jaminan dan Kepastian, Empati, dan Berwujud sedangkan sisanya 22,5% kepuasan masyarakat dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti pengaruh reliabilitas, ketanggapan, jaminan dan kepastian, empati, dan berwujud terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang. Sedangkan variabel lain yang mempengaruhi kepuasan masyarakat diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang