Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas
pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan
Padang Kabupaten Lumajang, baik secara parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan terdapat
pengaruh reliabilitas, ketanggapan, jaminan dan kepastian, empati, dan berwujud
terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten
Lumajang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik regresi
linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk variabel reliabilitas
tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan
Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, variabel ketanggapan tidak mempunyai
pengaruh terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang
Kabupaten Lumajang, variabel jaminan dan kepastian tidak mempunyai pengaruh
terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten
Lumajang, variabel empati mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat
Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, variabel berwujud tidak
mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan
Padang Kabupaten Lumajang. Sedangkan secara simultan tidak terdapat pengaruh
dimensi kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat dengan
koefisien determinasi (adjusted R2) diperoleh sebesar 0,675, yang menunjukkan
bahwa 67,5% kepuasan masyarakat dapat dijelaskan oleh variabel Reliabilitas,
Ketanggapan, Jaminan dan Kepastian, Empati, dan Berwujud sedangkan sisanya
22,5% kepuasan masyarakat dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak
diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti
pengaruh reliabilitas, ketanggapan, jaminan dan kepastian, empati, dan berwujud
terhadap kepuasan masyarakat Desa Babakan Kecamatan Padang Kabupaten
Lumajang. Sedangkan variabel lain yang mempengaruhi kepuasan masyarakat
diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya