Abstract :
Studi ini fokus pada upaya menentukan hal terpenting dalam mempengaruhi loyalitas
pelanggan pada Pasta Gigi Pepsodent di Toko Kelontong Desa Grati. Dengan mengadopsi
pendekatan perilaku pelanggan, penelitian ini menginvestigasi pengaruh Nilai
Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pasta Gigi
Pepsodent di Toko Kelontong Desa Grati.
Dengan menggunakan metode Purposive Sampling, sebanyak 30 responden dipilih
sebagai partisipan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan mendistribusikan
kuesioner yang dikembangkan terdiri dari 13 indikator menggunakan skala likert 1
sampai 5. Tingkat validitas dan konsistensi internal (reliabilitas) telah terkonfirmasi
dengan kriteria yang baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa model secara empiris
tervalidasi dengan baik berdasarkan data persepsi. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi berganda.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa Nilai Pelanggan, minus tidak berpengaruh,
sedangkan variabel Kepuasan Pelanggan mempunyai efek positif dan signifikan terhadap
Loyalitas Pelanggan. Implikasi dari studi ini dapat bermanfaat untuk mengembangkan
perspektif yang lebih baik tentang bagaimana loyalitas pelanggan terutama dalam
bidanga perdagangan grosir atau eceran