Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui positioning, kualitas produk, iklan
dan harga berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap
loyalitas pelanggan produk unilever di indomaret kecamatan pasirian lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan
assosiasif yang bersifat kausal atau penelitian yang bersifatmenanyakan hubungan
antara dua varabel atau lebih dan bersifat sebab akibat. Sampel yang diambil
adalah 50 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial positioning
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan iklan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan produk unilever di indomaret kecamatan pasirian lumajang,
sedangkan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan
produk unilever di indomaret kecamatan pasirian lumajang. Secara simultan
positioning, kualitas produk, iklan dan harga berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan produk unilever di indomaret kecamatan pasirian lumajang.
Fungsi linier regresi berganda yang dihasilkan Y= 4,476 + 0,203X1 + 0,306X2 +
0,325X3 + (-0,223)X4 + e. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa
sebesar 33,6% loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel independen
yaitu positioning, kualitas produk, iklan dan harga, sedangkan sisanya yaitu
66,4%loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.
Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti positioning, kualitas
produk, iklan dan harga sebgai factor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan,
sedangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan diharapkan
dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya pada periode dan layanan internet yang
berbeda