Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan
assosiatif yang bersifat causal atau penelitian yang bersifat menanyakan
hubungan antara kedua variabel atau lebih dan bersifat sebab akibat. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh brand image dan brand trust
terhadap brand loyalty pada mahasiswa pengguna helm merek INK di STIE
Widya Gama Lumajang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini
melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh
brand image terhadap brand loyalty, terdapat pengaruh brand trust terhadap
brand loyalty, dan terdapat pengaruh brand image dan brand trust secara
simultan terhadap brand loyalty pada mahasiswa pengguna helm merek INK di
STIE Widya Gama Lumajang. Hasil penelitian terhadap 60 responden dengan
menggunakan analisis regresi linier berganda adalah tidak terdapat pengaruh
brand image terhadap brand loyalty, terdapat pengaruh brand trust terhadap
brand loyalty, dan terdapat pengaruh brand image dan brand trust secara
simultan terhadap brand loyalty pada mahasiswa pengguna helm merek INK di
STIE Widya Gama Lumajang. Fungsi regresi linier berganda yang dihasilkan
adalah Y
? 7,564-100X1+0,606X2. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa
sebesar 30,2% brand loyalty dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu
brand image dan brand trust, sedangkan sisanya yaitu 69,8% brand loyalty
dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti brand image dan brand trust
sebagai faktor yang mempengaruhi brand loyalty, sedangkan variabel lain yang
dapat mempengaruhi brand loyalty diharapkan dapat diteliti oleh peneliti
selanjutnya pada periode dan tempat yang berbeda.