Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan harga
serta kualitas produk Galvalum terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Mitra
Kontruksi di Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
mencari hubungan assosiatif yang bersifat kausal atau penelitian yang bersifat
menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih dan bersifat sebab akibat.
Sampel yang diambil adalah 60 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah
sampel random sederhana (simple random sampling). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa secara parsial maka word of mouth tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan, dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Secara simultan word of mouth dan harga serta kualitas
produk berpengaruh signifikan terhdap kepuasan pelanggan Galvalum pada CV.
Mitra Kontruksi di Lumajang. Fungsi regresi linier berganda yang dihasilkan
adalah Y= 18,695 + 0,091X1 + 0,315X2 ? 0,066X3+ e. Hasil koefisien determinasi
menunjukkan bahwa sebesar 15,6% kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh
variabel independen yaitu word of mouth, harga, dan kualitas produk, sedangkan
sisanya yaitu 84,4% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel
lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah
hanya meneliti word of mouth dan harga serta kualitas produk sebagai faktor yang
mempengaruhi kepuasan pelanggan, sedangkan variabel lain yang dapat
mempengaruhi kepuasan pelanggan diharapkan dapat diteliti oleh peneliti
selanjutnya pada periode dan layanan internet yang berbeda.