Abstract :
VIVO Smartphone di Indonesia terus mengalami perkembangan dan
pertumbuhan yang pesat. Perusahaan menggunakan berbagai strategi
pemasaran untuk merebut dan mempertahankan konsumen, salah satunya
dengan membuat brand image, brand awareness, dan brand trust yang
baik untuk membentuk loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh brand Image, brand awareness, dan brand trust
terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis linier berganda
antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis dengan software
SPSS versi 16 dan teknik purposive sampling. Pengambilan sampel
dilakukan terhadap responden yang menggunakan VIVO Smartphone di
STIE Widya Gama Lumajang. Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa
brand Image dan brand awareness secara parsial tidak berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas pelanggan, namun brand image, brand
awareness, dan brand trust secara simultan mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai
berdasarkan uji koefisien determinasi. Dapat disimpulkan bahwa brand
image, brand awareness, dan brand trust mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap loyalitas pelanggan