Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan
assosiatif yang bersifat causal (sebab akibat). Penelitian bertujuan untuk
mengetahui adanya pengaruhfasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pasien peserta BPJS kesehatan di Klinik Husada Mulia Lumajang baik secara
parsial maupun simultan. Hasil kuesioner terhadap 30 responden menggunakan
analisis regresi linier berganda adalah tidak ada pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS dan terdapatpengaruh fasilitas
terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS di Klinik Husada Mulia.
Fungsi regresi linier berganda yang dihasilkan adalah
Y=11,305+0,413X1+0,021X2. Hasil koefisien determinasi menunjukkan
26,1%kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu kualitas
pelayanan dan fasilitas, sedangkan sisanya yaitu 73,9%dipengaruhi oleh
variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan
penelitian ini adalah hanya menggunakan kualitas pelayanan dan fasilitas sebagai
faktor yang mempengaruhitingkat kepuasan pasien. Diharapkan variabel lain
dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya pada periode dan tempat yang berbeda