DETAIL DOCUMENT
FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KESEHATAN DI KLINIK HUSADA MULIA LUMAJANG
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Nurul Huda, Mohamad
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2019-10-28 07:55:09 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan assosiatif yang bersifat causal (sebab akibat). Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruhfasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS kesehatan di Klinik Husada Mulia Lumajang baik secara parsial maupun simultan. Hasil kuesioner terhadap 30 responden menggunakan analisis regresi linier berganda adalah tidak ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS dan terdapatpengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS di Klinik Husada Mulia. Fungsi regresi linier berganda yang dihasilkan adalah Y=11,305+0,413X1+0,021X2. Hasil koefisien determinasi menunjukkan 26,1%kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan fasilitas, sedangkan sisanya yaitu 73,9%dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya menggunakan kualitas pelayanan dan fasilitas sebagai faktor yang mempengaruhitingkat kepuasan pasien. Diharapkan variabel lain dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya pada periode dan tempat yang berbeda 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang