Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan dan
kepuasan terhadap loyalitas pelanggan jasa IndiHome di Lumajang, baik secara
parsial maupun secara simultan. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap
hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh citra perusahaan dan kepuasan
terhadap loyalitas pelanggan jasa IndiHome di Lumajang. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa untuk variabel citra perusahaan tidak mempunyai pengaruh
terhadap loyalitas pelanggan jasa IndiHome, variabel kepuasan mempunyai
pengaruh terhadap loyalitas pelanggan jasa IndiHome. Sedangkan secara simultan
tidak terdapat pengaruh citra perusahaan dan kepuasan terhadap loyalitas
pelanggan jasa IndiHome dengan koefisien determinasi (adjusted R2) diperoleh
sebesar 0,047, yang menunjukkan bahwa 4,7% loyalitas pelanggan jasa IndiHome
dapat dijelaskan oleh citra perusahaan dan kepuasan sedangkan sisanya 95,3%
loyalitas pelanggan jasa IndiHome dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya
yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya
meneliti pengaruh citra perusahaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan
jasa IndiHome. Sedangkan variabel lain yang mempengaruhi loyalitas pelanggan
loyalitas pelanggan diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya.