Abstract :
Gaya hidup suatu masyarakat akan berbeda dengan masyarakat yang
lainnya. Bahkan dari masa kemasa gaya hidup suatu individu dan kelompok
masyarakat tertentu akan bergerak dinamis. Penelitian bertujuan untuk
mengetahui adanya pengaruh dimensi gaya hidup yang terdiri dari aktivitas, minat
dan opini terhadap keputusan pembelian smartphone merek Iphone di Toko Lab.
Persada Lumajang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan
terhadap 40 responden dengan menggunakan analisis regresi linier berganda
adalah tidak terdapat pengaruh dimensi gaya hidup yang terdiri dari aktivitas,
minat dan opini terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh dimensi
gaya hidup yang terdiri dari aktivitas, minat dan opini secara simultan terhadap
keputusan pembelian handphone merek Iphone di Toko Lab. Persada Lumajang.
Dengan hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 32,2% keputusan
pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu dimensi gaya hidup
yang terdiri dari aktivitas, minat dan opini, sedangkan sisanya yaitu 67,8%
keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti
dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti dimensi
gaya hidup yang terdiri dari aktivitas, minat dan opini sebagai faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan variabel lain yang dapat
mempengaruhi keputusan pembelian diharapkan dapat diteliti oleh peneliti
selanjutnya pada periode dan tempat yang berbeda