Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh variabel kualitas
produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan kepuasan nasabah Bank Syariah
Mandiri Lumajang baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hanya variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh
signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri
Lumajang. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh antara variabel kualitas
produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah Bank
Syariah Mandiri Lumajang dengan koefisien determinasi (adjusted R2) diperoleh
sebesar 0,765, yang menunjukkan bahwa 53% kepuasan nasabah Bank Syariah
Mandiri Lumajang dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, kualitas
pelayanan dan kepercayaan sedangkan sisanya 23,5% dipengaruhi oleh variabel?
variabel lainnya. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti variabel
kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah.
Sedangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi kepuasan nasabah diharapkan
dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya.