Abstract :
yang bersifat causal atau penelitian yang bersifat menanyakan
hubungan antara kedua variabel atau lebih dan bersifat sebab akibat. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan dan promosi
terhadap keputusan berkunjung wisatawan di obyek wisata Ranubedali
Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan terdapat
pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan berkunjung, terdapat pengaruh
promosi terhadap keputusan berkunjung, dan terdapat pengaruh kualitas
pelayanan dan promosi secara simultan terhadap keputusan berkunjung
wisatawan di obyek wisata Ranubedali Kecamatan Ranuyoso Kabupaten
Lumajang. Hasil penelitian terhadap 60 responden dengan menggunakan analisis
regresi linier berganda adalah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap
keputusan berkunjung, tidak terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan
berkunjung, dan terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan promosi secara
simultan terhadap keputusan berkunjung wisatawan di obyek wisata Ranubedali
Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang. Fungsi regresi linier berganda yang
dihasilkan adalah Y = 6,636 + 0,444X1 + 0,137X2. Hasil koefisien determinasi
menunjukkan bahwa sebesar 23,8% keputusan berkunjung dapat dijelaskan oleh
variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan promosi, sedangkan sisanya
yaitu 76,2% keputusan berkunjung dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya
yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya
meneliti kualitas pelayanan dan promosi sebagai faktor yang mempengaruhi
keputusan berkunjung, sedangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi
keputusan berkunjung diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya pada
periode dan tempat yang berbeda.