Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh tangible,
reliability, responsiveness, assurance, emphaty secara simultan signifikan
terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)
Pasirian Kabupaten Lumajang, dengan menggunakan teknis analisis regresi linier
berganda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari
hubungan assosiatif yang bersifat kausal atau penelitian yang bersifat menanyakan
hubungan antara dua variabel atau lebih dan bersifat sebab akibat. Sampel yang
diambil adalah 60 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel random
sederhana (simple random sampling).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Tangible
berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien, reliability berpengaruh
yang signifikan terhadap kepuasan pasien, responsiveness berpengaruh yang
signifikan terhadap kepuasan pasien, assurance berpengaruh yang signifikan
terhadap kepuasan pasien dan emphaty berpengaruh yang signifikan terhadap
kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasirian Kabupaten
Lumajang. Secara simultan Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance,
Emphaty secara simultan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasirian Kabupaten Lumajang.
Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti Tangible, Reliability,
Responsiveness, Assurance, Emphaty terhadap kepuasan pasien sedangkan
variabel lain yang dapat ditambahkan sebagai variabel dependen selain kepuasan
pasien seperti kinerja pegawai diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya
pada periode dan layanan internet yang berbeda.