DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BAKSO MARGARET PULOSARI DI LUMAJANG
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Qomaria, Nur Lailatul
Subject
HC Economic History and Conditions 
Datestamp
2019-11-04 12:43:27 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap loyalitas pelanggan pada Bakso Margaret Pulosari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan antara dua variabel atau lebih dan bersifat sebab akibat. Sampel yang diambil adalah 80 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial produk, harga, dan proses berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan promosi, tempat, orang dan bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Namun secara simultan produk, harga, promosi, tempat, proses, orang dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Bakso Margaret Pulosari. Fungsi linier regresi berganda yang dihasilkan Y = 7,084 + 0,292X1 + 0,342X2 + 0,096X3 ? 0,050X4 + 0,349X5 ? 0,287X6 ? 0,020X7 + e. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 22,9% loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel independen produk, harga, promosi, tempat, proses, orang dan bukti fisik, sedangkan sisanya yaitu 77,1% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti produk, harga, promosi, tempat, proses, orang dan bukti fisik sebagai faktor mempengaruhi loyalitas pelanggan, sedangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya pada periode dan tempat penelitian yang berbeda. 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang