DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) BATIK (Studi kasus pada CV. Batik Marem, Yosowilangun Lor, Lumajang)
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Suciati, Lia Anjari
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2019-12-06 12:17:54 
Abstract :
Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial maupun simultan. Penelitian ini di lakukan di CV. Batik Marem, Yosowilangun Lor, Lumajang dengan sampel yang diambil 30 responden. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan terdapat pengruh kualitas produk kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada industry kecil menengah batik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang menunjukan bahwa variable kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variable kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien determinasi sebesar 0,291 yang menunjukan bahwa 29,1% kepuasan pelanggan CV. Batik Marem, Yosowilangun Lor, Lumajang dapat dipengaruhi oleh variable kualitas produk dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 70,9% kepuasan pelanggan CV. Batik Marem, Yosowilangun Lor, Lumajang dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian pada topic ini dapat ditindak lanjuti dengan menggunakan populasi, sampel, serta periode yang berbeda untuk melihat potensi hasil penelitian yang berbeda. 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang