DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEMASAN, MEREK DAN JAMINAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA (Studi Kasus Pada Agen AQUA Di Kunir)
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Yatimah Putri, Eka Dila
Subject
HC Economic History and Conditions 
Datestamp
2019-12-11 07:38:45 
Abstract :
Dalam bidang pemasaran berbagai masalah timbul selain persaingan juga berkembangnya keanekaragaman produk, meningkatnya selera konsumen, dan adanya produk baru yang dihasilkan. Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan para pelaku usaha semakin gencar berusaha untuk mencari solusi maupun program bisnis yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan di dalam bisnisnya.Para produsen air minum dalam kemasan berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai atau value terbaik di mata masyarakat. Semakin banyaknya jenis dan merek air minum dalam kemasan dengan konsumen yang beredar di pasar, maka keberhasilan suatu perusahaan tidak hanya ditentukan oleh faktor harga dan kualitas produknya saja tetapi juga sangat ditentukan oleh kemampuan perusahaan untuk mengidentifikasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen yang heterogen, sehingga dapat diketahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut sesuai dengan karakteristik dari masing-masing segmen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemasan, merek, dan jaminan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek AQUA pada agen AQUA di Kunir secara parsial, simultan, dan dominan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi linier berganda. Sementara itu, hasil koefisien determinasi (R square) yang diperoleh sebesar 0,481. Hal ini berarti 4,81% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel jaminan, kemasan, merek sedangkan sisanya yaitu 51,9% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti pengaruh variabel kemasan, merek, dan jaminan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel lain contohnya dari faktor internal (lokasi dan pelayanan), faktor eksternal (usia, pendidikan, dan faktor ekonomi) yang mempengaruhi keputusan pembelian diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya. 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang