DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BENGKEL SUGIONO MOTOR DI KECAMATAN RANDUAGUNG
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Shasfanny, Hikmah Wulan
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2019-12-20 14:06:39 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Sugiono Motor di Kecamatan Randuagung secara parsial maupun simultan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden dengan jumlah populasi merupakan pelanggan yang menggunakan jasa service sepeda motor pada Bengkel Sugiono Motor di Kecamatan Randuagung. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sedangkan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan secara simultan kualitas pelayanan dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Sugiono Motor di Kecamatan Randuagung. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa hal ini berarti 32,3% loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel independen yang terdiri dari kualitas pelayanan dan kepuasan sedangkan sisanya 67,7% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang