Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan antara
variabel independen dengan variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk
membuktikan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas
pelanggan pada Bengkel Sugiono Motor di Kecamatan Randuagung secara parsial
maupun simultan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden dengan
jumlah populasi merupakan pelanggan yang menggunakan jasa service sepeda
motor pada Bengkel Sugiono Motor di Kecamatan Randuagung. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan secara parsial kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan sedangkan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas
pelanggan. Sedangkan secara simultan kualitas pelayanan dan kepuasan
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Sugiono Motor di
Kecamatan Randuagung. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa hal ini
berarti 32,3% loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel independen yang
terdiri dari kualitas pelayanan dan kepuasan sedangkan sisanya 67,7% loyalitas
pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.