DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE DESA GUCIALIT KECAMATAN GUCIALIT KABUPATEN LUMAJANG STUDI KASUS PADA KOMUNITAS GOWA (GUCIALIT ORGANISASI WISATA ALAM)
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Paiman, Paiman
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-01-02 10:18:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran yang diterapkan oleh Komunitas GOWA dan untuk mengetahui respon kepuasan wisatawan setelah berkunjung ke Desa Gucialit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menentukan informan di antaranya : Ketua Komunitas GOWA, Pengurus Komunitas GOWA, Camat Gucialit, Kepala Desa Gucialit, Pelaku Usaha, dan Wisatawan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, model data, verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran meliputi produk, harga, distribusi, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik dan proses. Dimana desa wisata di Gucialit menemukan kendala terkait distribusi, terutama dikarenakan akses jalan yang belum memadai, serta produk unggulan yang dihasilkan yaitu kopi Gucialit sudah semakin menghilang dari peredaran. Sedangkan kepuasan wisatawan terkait fasilitas misalnya: keterbatasan bangku taman, minimnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya, sarana parkir kurang memadai, ketersediaan pusat informasi masih terbatas. 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang