Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Putra Ragil, Roland Mario
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2020-01-08 06:45:54
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan atau analisis harga dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun
simultan. Penelitian ini menggunakan data primer yang di peroleh dari hasil
pengisian kuesioner terhadap pelanggan pada Yamaha Duta Motor Lumajang
yang berjumlah 60 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda
menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan memiliki hubungan yang
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun
simultan dengan kofesien determinan sebesar 12,6% dapat dijelaskan oleh
variabel independen yaitu harga dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 87,4%
kepuasan pelanggan di pengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak di
teliti dalam penelitian ini. Berdasarkam hasil penelitian ini, Yamaha Duta Motor
Lumajang tetap mempertahankan kesesuaian harga yang terdaftar dengan harga
di lapangan serta memperhatikan dan mengevaluasi para teknisi dalam
memberikan pelayanan kepada pelanggan agar pelanggan akan tetap setia, tidak
akan terpengaruh oleh pihak pesaing dan juga merekomendasikan kepada orang
lain.