DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE SEDAAP (Studi Kasus Mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang)
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Timur, Dian Ratna
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-01-11 12:44:20 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda.Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan tidak terdapat pengaruh pernjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh periklanan dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap pada Mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang. Hasil penelitian terhadap 90 responden dengan menggunakan analisis regresi linier berganda adalah tidak terdapat pengaruh penjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh periklanan dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung secara simultan terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap pada Mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang. Fungsi regresi linier berganda yang dihasilkan adalah Y = 7,140 + 0,251X1 + 0,103X2 + 0,157X3 + (-0,146X4) + 0,945X5. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 42,6% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langung, sedangkan sisanya yaitu 57,4% keputusan pembelian yang disumbangkan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya pada periode dan tempat yang berbeda. 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang