Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk apakah manajemen laba mempengaruhi
pada perusahaan sebelum melakukan seasoned equity offerings, dan apakah
manajemen laba mempengaruhi pada perusahaan sesudah melakukan seasoned
equity offerings. Peneliti ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang
menyatakan terdapat pengaruh manajemen laba, sebelum dan sesudah seasoned
equity offerings dan kinerja keuangan perusahaan. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa untuk variabel manajemen laba sebelum seasoned equity
offerings tidak mempunyai pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan,
variabel manajemen laba sesudah seasoned equity offerings mempunyai pengaruh
positif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan secara uji Wilcoxon
Signed Ranks Test terdapat pengaruh sebelum seasoned equity offerings, dan
sesudah seasoned equity offerings. Keterbatasan penelitian ini adalah Pengaruh
Manajemen Laba Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah
Melakukan seasoned equity offerings pada perusahaan manufaktur yang di list di
BEI Tahun 2013 - 2015