DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD PASIRIAN KABUPATEN LUMAJANG
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Agustin, Riska Dwi
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-01-30 07:31:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pasien. Dengan kualitas produk, pelayanan dan harga sebagai variabel independen dan kepuasan pasien sebagai variabel dependen. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori, populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang pernah berobat di RSUD pasirian dengan sampel berjumlah 40 orang. Analisis data yang digunakan adalah Regresi linier berganda, uji instrument dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian kualitas pelayanan memiliki nilai t hitung 2,164 ( sig. 0,037 < 0,05) harga memiliki nilai t hitung 1,310 ( sig. 0,199 > 0,05) fasilitas memiliki nilai t hitung 2,235 ( sig. 0,032 < 0,05) yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan harga secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Serta secara simultan kualitas pelayanan, harga dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dibuktikan dengan besar F hitung sebesar 3,054 dengan nilai sig. F (0,041 < 0,05). 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang