Abstract :
Perkembangan perekonomian di Indonesia semakin pesat dapat ditandai dengan
pertumbuhan industri perbankan yang ada dalam suatu negara. Semakin
berkembang industri perbankan maka pertumbuhan perekonomian juga semakin
baik. Usaha jasa perbankan menawarkan jasa pelayanan keuangan, maka usaha jasa
perbankan harus mengedepankan pelayanan, profesionalisme dan kepercayaan
nasabah. Penelitian ini untuk menguji pengaruh advertising, sales promotion, dan
public relations terhadap keputusan menabung di PT. BPR Sentral Arta Asia
Lumajang. Sebanyak 60 nasabah di PT. BPR Sentral Arta Asia Lumajang, Jawa
timur, Indonesia bersedia menjadi partisipan. Pendekatan yang digunakan yaitu
analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan semua variabel yakni
advertising, sales promotion, dan public relations berpengaruh signifikan terhadap
keputusan menabung. Jadi dalam peningkatan keputusan menabung perlu adanya
peningkatan pada advertising, sales promotion dan public relations terhadap
keputusan menabung di PT. BPR Sentral Arta Asia Lumajang.