Abstract :
Faktor penentu kepuasan pelanggan di antaranya persepsi kualitas layanan dan
harga, Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas layanan dan
harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Serambi
Pujasera Klojen Lumajang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya
pengaruh persepsi kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada
Rumah Makan Serambi Pujasera Klojen Lumajang. Variabel dalam penelitian ini
adalah persepsi kualitas layanan (X1), harga (X2) dan kepuasan pelanggan (Y).
Jenis penelitian yang ini adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil
Penelitian diperoleh persamaaan regresi linear berganda Y=2,788+0.393
X1+0,253 X2. Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas layanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan harga tidak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan diperoleh dari
hasil uji t bahwa t tabel 1,791 dengan tingkat signifikan 0,80. Koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,257, hal ini berarti 25,7% kepuasan pelanggan pada
Rumah Makan Serambi Pujasera Klojen Lumajang dipengaruhi oleh kualitas
layanan dan harga sedangkan sisanya 74,3% pada Rumah Makan Serambi
Pujasera Klojen Lumajang dipengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar
variabel yang diteliti.