DETAIL DOCUMENT
PENGARUH DIMENSI SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN LUMAJANG
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Ramdani, Alif Laila
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-06-23 06:37:32 
Abstract :
Pelayanan Publik merupakan tolak ukur instansi pemerintah maupun lembaga yang dapat menentukan kinerja para pegawai terhadap suatu pelayanan kepada masyarakat dan dapat berpengaruh pada kepuasan & kenyamanan untuk dapat diperoleh tanpa harus mengedepankan kebutuhannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dimensi servicescape yang terdiri dari kondisi sekitar, tata letak spasial/fungsionalitas, dan tanda, simbol, dan artefak terhadap kepuasan pelanggan pada PDAM di Kabupaten Lumajang. Jenis penelitian yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh pelanggan wilayah kota yang melakukan pelayanan pembayaran dan sampel berjumlah 60 responden. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dimensi servicescape yang terdiri dari kondisi sekitar, tata letak spasial/fungsionalitas, dan tanda, simbol, dan artefak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan secara parsial kondisi sekitar tidak berpengaruh signifikan. 
Institution Info

Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang