Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keamanan,
kemudahan, kepercayaan dan risiko kinerja terhadap keputusan pembelian secara
online baik secara parsial, simultan ataupun dominan. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei. Sampel dalam penelitian
ini sebanyak 50 responden yaitu para pengguna tokopedia.com di kabupaten
Lumajang. Metode pengumpulan data dengan kuesioner yang disebarkan secara
online menggunakan google forms. Analisis data menggunakan analisis deskriptif
dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keamanan, kemudahan,
kepercayaan dan risiko kinerja secara parsial berpengaruh positif signifikan
terhadap keputusan pembelian secara online. Sedangkan secara simultan variabel
keamanan, kemudahan, kepercayaan dan risiko kinerja berpengaruh positif
signifikan terhadap keputusan pembelian secara online. Sedangkan yang paling
dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian secara online adalah variabel
keamanan. Untuk nilai Adjust R Square sebesar 0,886 yang berarti besarnya
kemampuan variabel keamanan, kemudahan, kepercayaan dan risiko kinerja
dalam menjelaskan keputusan pembelian secara online sebesar 88,6%.