Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi labelisasi
halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk Pop Mie (Studi Kasus Pada
Obyek Wisata Joyokarto), baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian
ini merupakan penelitian assosiatif kausal yang menggunakan pedekatan
kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengunjung Obyek Wisata Joyokarto.
Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier
berganda yang diolah dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk variabel persepsi labelisasi halal
mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian produk pop mie dan variabel
harga tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian produk pop mie.
Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh persepsi labelisasi halal dan harga
terhadap keputusan pembelian produk pop mie dengan koefisien determinasi
(adjusted R
2
) diperoleh sebesar 0,173 yang menunjukkan bahwa 17,3% keputusan
pembelian produk pop mie dapat dijelaskan oleh persepsi labelisasi halal dan
harga sedangkan sisanya 82,7% keputusan pembelian produk pop mie dipengaruhi
oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: persepsi labelisasi halal, harga, keputusan pembelian.