DETAIL DOCUMENT
KUALITAS PELAYANAN TENAGA REFRAKSIONIS OPTISIEN/OPTOMETRIS DI KLINIK MATA PUSPA SERUNI TASIKMALAYA
Total View This Week5
Institusion
UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA
Author
ERNI, ERNI
Subject
KTI DIII-Refraksi Optisi 
Datestamp
2021-09-14 00:31:07 
Abstract :
ABSTRAK Semakin meningkatnya gangguan penglihatan menjadikan kesehatan sebagai kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan ini mendorong manusia untuk senantiasa menjaga kesehatan. Fasilitas layanan kesehatan mata dituntut memiliki pelayanan yang berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan tenaga Refraksionis Optisien/Optometris di klinik mata puspa seruni berdasarka dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik sample randong samping sebanyak 91 responden. Hasil penelitian kualitas pelayanan tenaga Refraksionis Optisien/Optometris pada dimensi bukti fisik (tangible) berada pada kategori sangat baik. Dimensi kehandalan (reliability) berada pada kategori baik. Dimensi daya tanggap (responsiveness) berada pada kategori baik. Dimensi jaminan (assurance) berada pada kategori baik. Dan dimensi empati (empathy) berada pada kategori baik. Secara keseluruhan kualitas pelayanan tenaga Refraksionis Optisien/Optometris berada pada kategori baik. Kata kunci : Kualitas pelayanan, Refraksionis Optisien/Optometris 
Institution Info

UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA