DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN SENAM OTAK (BRAIN GYM) DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH 4 – 6 TAHUN DI KB IFFAT
Total View This Week0
Institusion
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN GARUDA PUTIH
Author
Aldila Puspa Djelita, 2020.21.1609
Subject
RJ101 Child Health. Child health services 
Datestamp
2023-12-14 07:41:50 
Abstract :
ABSTRAK Pendahuluan: Usia pra sekolah merupakan periode emas dalam proses perkembangan. Periode itu termasuk periode sensitif atau masa peka pada anak, untuk itu anak perlu pembelajaran dengan konsentrasi yang tinggi, karena akibat dari ketidakkonsentrasian anak, maka hasil belajarpun menjadi tidak optimal Tujuan: Untuk mengetahui keefektifan penerapan senam otak (brain gym) sebagai penatalaksanaan dalam meningkatkan konsentrasi pada anak usia prasekolah 4 ? 6 tahun. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode studi kasus pada satu kelompok subjek terdiri dari 2 orang selama 3 hari. Pengukuraan menggunakan kuisioner lalu diobservasi sebelum dan sesudah melakukan Teknik senam otak (brain gym). Hasil: Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini didapatkan hasil peningkatan nilai konsentrasi setelah dilakukan senam otak selama 3 kali pelaksanaan senam otak. Sebelum dilaksanakan senam otak nilai konsentrasi An. M adalah 6 dan setelah dilaksanakan senam otak selama 3 kali nilai konsentrasi An. M meningkat menjadi 15. Sementara pada An. H sebelum dilaksanakan senam otak nilai konsentrasi An. H adalah 5 dan setelah dilaksanakan senam otak selama 3 kali nilai konsentrasi An. H meningkat menjadi 10. Hal ini membuktikan bahwa penerapan senam otak dapat meningkatkan konsentrasi pada anak. Kesimpulan: Dengan menerapkan Teknik senam otak (brain gym) dapat terbukti meningkatkan konsentrasi pada anak dengan penurunan konsentrasi di KB iffat jambi tahun 2023. Saran: Diharapkan senam otak dapat diterapkan oleh pihak KB iffat dalam mengatasi permasalahan konsentrasi pada anak. Kata kunci: Brain Gym, Konsentrasi, Anak prasekolah. Referensi: 13 Buku (2012 ? 2022), 17 Jurnal (2017 ? 2022). ABSTRACT Introduction: The preschool age is a golden period in the process development. This period includes a sensitive period or sensitive period in children, for that children need to learn with high concentration, because of the consequences of the lack of concentration of children, the learning outcomes are not optimal. Purpose: To find out the effectiveness of applying brain gymnastics (brain gym) as management in increasing concentration in young children preschool 4-6 years. Method: This type of research is descriptive with a case study method one subject group consists of 2 people for 3 days. Measurement using a questionnaire and then observed before and after carrying out the techniquebrain exercise (brain gym). Results: The results obtained in this study obtained increased results in the value of concentration after doing brain exercises for 3 times the implementation of gymnastics brain. Before the brain exercise is carried out, the concentration value of An. M is 6 and after carrying out brain exercises for 3 times the concentration value of An. M increases to 15. While in An. H before carrying out value brain exercises An concentration. H is 5 and after doing brain exercises 3 times the concentration value of An. H increases to 10. This proves that the application of brain gymnastics can improve concentration in children. Conclusion: By applying brain gym techniques (brain gym) it can be proven increase concentration in children with a decrease in concentration in iffat KB Jambi in 2023. Suggestion: It is hoped that brain exercises can be applied by the iffat in the KB overcome concentration problems in children. Keywords: Brain gym, concentration, preschoolers. References: 13 Books (2012 ? 2022), 17 Journals (2017 ? 2022) 

Institution Info

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN GARUDA PUTIH