DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DIPUSKESMAS KUMAI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT TAHUN 2021
Total View This Week0
Institusion
STIKES Borneo Cendekia Medika
Author
Rahmi, Aulia
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2022-07-22 01:30:03 
Abstract :
Pendahuluan : Penelitian ini betujuan untuk melihat tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarnasian dipuskesmas kumai kabupaten kotawaringin barat tahun 2021. Metode : Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian bersifat deskriptif, Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 83 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel diambil dipuskesmas kumai kabupaten kotawaringin barat. Pengambilan data dilakukan melalui pengisian kuisioner yang sebelumnya telah diuji validitas dan Realibilasnya. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa Gap ( selisih) antara harapan pasien dan kepuasan pasien pada dimensi Sarana Fisik (Tangible) didapatkan gap sebesar (-0,26), pada dimensi Kehandalan (Reability) didapatkan Gap sebesar (-0,27), pada dimensi daya tanggap (Responsivennes) didapatkan Gap sebesar (-0,23), pada dimensi jaminan (Assurance) didapatkan Gap sebesar (-0,35), dan pada dimensi Empati (Emphaty) didapatkan Gap sebesar (-0,21). Berdasarkan hasil Gap harapan pasien sangat tinggi dibandingkan dengan kepuasan pasien. Kesimpulan : berdasarkan hasil terdapat hubungan antara tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kumai Kotawaringin Barat Tahun 2021. 
Institution Info

STIKES Borneo Cendekia Medika