DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI (KIE) DI APOTEK HASANUDIN PANGKALAN BUN TAHUN 2023
Total View This Week0
Institusion
STIKES Borneo Cendekia Medika
Author
Prapsika, Anastasia Alva
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2023-11-23 06:52:41 
Abstract :
Pendahuluan : Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) dilakukan oleh Apoteker untuk membantu pasien/keluarga pasien dalam meningkatkan informasi dan edukasi tentang obat yang digunakan sehingga dapat meningkatkan keberhasilan pengobatan. Penelitian ini bertujuan 1). Mengetahui karakteristik pasien Apotek Hasanudin Pangkalan Bun. 2). Mengetahui tingkat kepuasan pasien dengan pelayanan komunikasi, informasi, dan edukasi yang telah diberikan tenaga kefarmasian di Apotek Hasanudin Pangkalan Bun. 3). Mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien dengan karakteristik pasien di Apotek Hasanudin Pangkalan Bun. Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kuesioner. Kuesioner yang digunakan sudah di uji validitas dan reabilitas. Data dianalisis menggunakan SPSS dilakukan uji univariat untuk mengetahui frekuensi variabel bebas, dan uji bivariate untuk menganalisis ada atau tidaknya hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Digunakan Microsoft Excel untuk mengetahui presentase tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kominikasi, informasi, dan edukasi. Hasil : Karakteristik berdasarkan umur didominasi 25-34 tahun, dengan jenis kelamin perempuan, pendidikan SMA/SMK dan bekerja sebagai IRT. Tingkat kepuasan komunikasi didapati 68% sangat puas, Informasi 40% puas, dan edukasi 35,7% puas. Adanya hubungan tingkat kepuasan dengan karakteristik responden. Kesimpulan : Tingkat kepuasan komunikasi didapati 68% sangat puas, Informasi 40% puas, dan edukasi 35,7% puas 
Institution Info

STIKES Borneo Cendekia Medika