Abstract :
Pasien/keluarga memiliki emosi yang tinggi ketika dirawat di Intensive Care Unit
(ICU), sehingga rawan ketidakpuasan pada keluarga pasien. Pemberian KIE
sangat penting bagi pasien agar pasien dapat memahami dan meningkatkan
kepatuhan untuk memperoleh terapi yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui gambaran kepuasan keluarga pasien tentang program KIE di
ruang Intensive Care Unit RSPAL dr. Ramelan Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampling
penelitian ini menggunakan simple random sampling, populasi berjumlah 140
keluarga pasien yang di rawat di Ruang ICU RSPAL dr. Ramelan Surabaya, dan
sampel berjumlah 104 orang. Teknik analisis datanya menggunakan uji Distribusi
Frekuensi.
Kepuasan pasien pada indikator Daya Tanggap, hampir setengah responden
sangat puas yaitu sebanyak 48 orang (46,2%), 28 orang (26,9%) tidak puas, 25
orang (24,0%) puas, dan yang sangat tidak puas sebanyak 3 orang (2,9%).
Kepuasan pasien pada indikator Keandalan, hampir setengah responden sangat
puas yaitu sebanyak 40 orang (38,5%), 33 orang (31,7%) tidak puas, 29 orang
(27,9%) puas, dan yang sangat tidak puas sebanyak 2 orang (1,9%). Kepuasan
pasien pada indikator Jaminan, hampir setengah responden sangat puas yaitu
sebanyak 45 orang (43,3%), 30 orang (28,8%) puas, 28 orang (26,1%) tidak puas,
dan yang sangat tidak puas sebanyak 1 orang (1,0%). Kepuasan pasien pada
indikator Empati, hampir setengah responden sangat puas yaitu sebanyak 37 orang
(35,6%), 36 orang (34,6%) puas, 30 orang (28,8%) tidak puas, dan yang sangat
tidak puas sebanyak 2 orang (1,9%). Kepuasan pasien pada indikator Bukti Fisik,
hampir setengah responden sangat puas yaitu sebanyak 38 orang (36,5%), 34
orang (32,7%) puas, 30 orang (28,8%) tidak puas, dan yang sangat tidak puas
sebanyak 2 orang (1,9%).
Kesimpulannya adalah semakin baiknya program KIE akan berdampak pada
meningkatnya kepuasan pasien. Rumah Sakit diharapkan untuk selau melakukan
upaya peningkatan mutu pelayanan bagi pasien dan keluarga agar kepuasan pasien
terhadap mutu pelayanan di Rumah Sakit dapat meningkat.
Kata Kunci : kepuasan, pasien, keluarga, program KIE Rumah Sakit