DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN KLIEN DI RUANG URIKKES RSPAL DR. RAMELAN SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah
Author
Dyah Hardina, Putri
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2024-07-29 04:13:04 
Abstract :
Kepuasan pasien dapat dimaknai sebagai serangkaian evaluasi terhadap intervensi medis pada masalah kesehatan yang dihadapi pasien. Menyinggung kepuasan pasien, maka hal ini terkait harapan atau keinginan pasien dalam menerima pelayanan medis (Siregar, 2016). Tidak jarang terjadi konflik antara perawat dengan pasien sebagai akibat tidak menerapkan komunikasi yang baik sehingga menimbulkan kekecewaan dak ketidakpuasan serta kepercayaan yang rendah dari pasien. Kemampuan perawat dalam berkomunikasi menjadi jaminan atau penentu puas tidaknya pasien dalam menerima pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan klien di Ruang Urikkes RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode observasional analitik. Variabel dalam penelitian yaitu komunikasi terapeutik dan kepuasan pasien. Sampel penelitian sebanyak 67 responden yang diambil dengan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner komunikasi terapeutik dan kepuasaan. Data analisis menggunakan uji spearman rho dengan tingkat kemaknaan < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan klien di Ruang Urikes RSPAL dr. Ramelan Surabaya dengan nilai koefisien 0,244* dan p value = 0,0460 (p < 0,05). Kata kunci: Komunikasi Terapeutik Perawat, Kepuasan Pasien 

Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah