Abstract :
ABSTRAK
Perilaku pencegahan COVID-19 memegang peranan penting dalam memutus
penularan COVID-19 terutama pada remaja karena cenderung berkelompok.
Perilaku pencegahan COVID-19 dapat diwujudkan melalui pengetahuan, sikap, dan
tindakan terkait pencegahan COVID-19. Secara teoritis, perilaku dapat tercipta
karena adanya pengetahuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan
pengetahuan dengan perilaku remaja dalam pencegahan COVID-19.
Desain penelitian menggunakan observasional analitik. Populasi berjumlah 133
remaja berusia 12-21 tahun di Desa Balun dengan sampel penelitian sebanyak 100
remaja yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang
digunakan adalah kuisioner pengetahuan, sikap dan tindakan yang dibuat oleh
peneliti dan sudah diuji validitas-realibitas (v:>0,444, r=0,888;0,938;0,934).
Analisis data menggunakan Uji Spearman Rho (?<0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja memiliki pengetahuan
baik dengan sikap positif sebanyak 56 responden (56%) dan memiliki pengetahuan
baik dengan tindakan baik sebanyak 58 responden (58%). Hasil penelitian
menunjukkan terdapat hubungan pengetahuan dengan sikap (?=0,0001) dan
terdapat hubungan pengetahuan dengan tindakan dalam pencegahan COVID-19
(?=0,029).
Pengetahuan tentang COVID-19 dapat mempengaruhi sikap dan tindakan dalam
pencegahan COVID-19. Pengetahuan yang baik dapat membuat remaja memiliki
sikap yang positif dan melakukan tindakan pencegahan COVID-19. Implikasi dari
penelitian ini adalah peran petugas kesehatan dalam memberikan pendidikan
kesehatan tentang COVID-19 melalui pendekatan terapi kelompok.
Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Remaja, COVID-19, Pencegahan
COVID-19