DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA TINGKAT I S1 KEPERAWATAN STIKES HANGTUAH SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah
Author
Wiwit Yudha, Taruna
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2022-07-07 02:57:02 
Abstract :
ABSTRAK Efektivitas pembelajaran daring adalah keberhasilan pembelajaran daring terhadap berpikir kritis peserta didik selama belajar dari rumah selama masa pandemi. Penerapan pembelajaran daring ini dikatakan efektif jika minat belajar peserta didik memberikan hasil lebih baik walaupun proses pembelajarannya tidak tatap muka secara langsung, hasil belajar peserta didik memberikan nilai yang baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, berpikir kritis peserta didik terhadap materi mengalami peningkatan walaupun proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan efektivitas pembelajaran daring terhadap motivasi belajar pada mahasiswa di Stikes Hang Tuah Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik total sampling sebanyak 109 responden di Stikes Hang Tuah Surabaya. Intsrumen variabel efektivitas pembelajaran daring dan motivasi belajar menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan uji Spearman Rho dengan ? < 0,005. Berdasarkan hasil uji Spearman Rho menunjukkan nilai r = 0,527 dengan nilai ? value = 0,000 yang lebih kecil dari nilai ? yaitu 0,005 (?<0,005) dengan nilai r = 0,51 - 0,75 hubungan kuat, maka menunjukkan hubungan yang kuat dan secara statistic ada hubungan yang signifikan antara efektivitas pembelajaran daring yang dilakukan mahasiswa terhadap peningkatan motivasi belajar pada mahasiswa di Stikes Hang Tuah Surabaya. Motivasi belajar merupakan hal yang pokok dalam melakukan kegiatan belajar, sehingga tanpa motivasi seseorang tidak akan melakukan kegiatan pembelajaran. Motivasi sebagai penggerak seseorang untuk melakukan suatu hal untuk tujuan yang dikehendaki oleh para siswa. Bermula dari motivasi belajar seseorang memiliki semangat untuk menjadi lebih baik dari kegiatan belajar tersebut. Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Mahasiswa 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah