Abstract :
ABSTRAK
Efektivitas pembelajaran daring adalah keberhasilan pembelajaran daring terhadap
berpikir kritis peserta didik selama belajar dari rumah selama masa pandemi.
Penerapan pembelajaran daring ini dikatakan efektif jika minat belajar peserta didik
memberikan hasil lebih baik walaupun proses pembelajarannya tidak tatap muka
secara langsung, hasil belajar peserta didik memberikan nilai yang baik
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, berpikir kritis peserta didik
terhadap materi mengalami peningkatan walaupun proses pembelajaran
dilaksanakan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan
efektivitas pembelajaran daring terhadap motivasi belajar pada mahasiswa di Stikes
Hang Tuah Surabaya.
Penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan
teknik total sampling sebanyak 109 responden di Stikes Hang Tuah Surabaya.
Intsrumen variabel efektivitas pembelajaran daring dan motivasi belajar
menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan uji Spearman Rho dengan ?
< 0,005.
Berdasarkan hasil uji Spearman Rho menunjukkan nilai r = 0,527 dengan nilai ?
value = 0,000 yang lebih kecil dari nilai ? yaitu 0,005 (?<0,005) dengan nilai r =
0,51 - 0,75 hubungan kuat, maka menunjukkan hubungan yang kuat dan secara
statistic ada hubungan yang signifikan antara efektivitas pembelajaran daring yang
dilakukan mahasiswa terhadap peningkatan motivasi belajar pada mahasiswa di
Stikes Hang Tuah Surabaya.
Motivasi belajar merupakan hal yang pokok dalam melakukan kegiatan belajar,
sehingga tanpa motivasi seseorang tidak akan melakukan kegiatan
pembelajaran. Motivasi sebagai penggerak seseorang untuk melakukan suatu
hal untuk tujuan yang dikehendaki oleh para siswa. Bermula dari motivasi
belajar seseorang memiliki semangat untuk menjadi lebih baik dari kegiatan belajar
tersebut.
Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Mahasiswa