Abstract :
HUBUNGAN VERBAL BULLYING DENGAN TINGKAT HARGA DIRI
PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 KAUMAN TULUNGAGUNG
Verbal bullying merupakan salah satu jenis dari bullying yang sering
dialami oleh remaja. Verbal bullying dapat memberikan dampak negatif kepada
remaja yaitu dampak secara psikologis terutama pada harga diri remaja yang
menjadi rendah. Harga diri yang rendah akan mempengaruhi perolehan nilai
akademik pada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan
verbal bullying dengan tingkat harga diri pada siswa di SMA Negeri 1 Kauman
Tulungagung.
Desain penelitian ini observasional analitik dengan menggunakan
pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel penelitian menggunakan simple
random sampling sebanyak 209 responden di SMA Negeri 1 Kauman
Tulungagung. Instrument penelitian menggunakan kuesioner Olweus Bully/Victim
Questionnaire dan Rosenberg Self-Esteem Scale. Analisa data menggunakan uji
Spearman?s Rho dengan nilai (? ? 0,05).
Hasil penelitian didapatkan sebagian remaja mengalami verbal bullying
rendah sebanyak 96 orang (45,9%), tingkat harga diri sedang/normal sebanyak 137
(65,6%). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara verbal bullying
dengan tingkat harga diri pada siswa di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung (? ?
0,05) dengan korelasi koefisien (r = -0,563).
Verbal bullying merupakan indikator yang dapat mempengaruhi tingkat
harga diri. Dari penelitian ini diperlukan peran tenaga kesehatan dan tenaga
pengajar untuk melakukan edukasi terkait pemeliharaan kesehatan mental remaja
agar lebih meminimalisir tingkat terjadinya verbal bullying demi tetap menjaga
tingkat harga diri pada taraf normal.
Kata kunci : Verbal Bullying, Harga Diri, Remaja