DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ADIKSI GAME ONLINE DENGAN STATUS MENTAL (KECEMASAN, STRES DAN DEPRESI) PADA SISWA DI MASA PANDEMI DI SDN SIDOTOPO WETAN 1 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah
Author
MOCHAMAD, AROFIK
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2022-09-19 06:55:28 
Abstract :
Sejak kemunculan pandemi Covid-19 ini banyak menimbulkan perubahan dari segi aspek pendidikan yang mengharuskan siswa-siswi untuk belajar di rumah sehingga dapat terjadi dampak negatif dari adiksi game online. Dampak psikologis dari adiksi game yaitu kurangnya bersosialisasi terhadap lingkungan sekitarnya, lupa akan kewajiban untuk belajar dan melakukan pekerjaan rumah, sulit berkonsentrasi di sekolah, mengalami gangguan mental. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan adiksi game online dengan status mental (kecemasan, stres dan depresi) pada siswa di masa pandemi di SDN Sidotopo Wetan 1 Surabaya. Penelitian memiliki variabel adiksi dan status mental (kecemasan, stres dan depresi). Desain cross sectional. Pengambilan data menggunakan google form, jumlah populasi 265 siswa dengan sampel 160 responden kelas V dan VI menggunakan teknik Probability Sampling dengan cluster random sampling dan instrumen Game Addiction Scales dan Depression Anxiety Stress Scales. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rho. Bedasarkan hasil uji statistik Spearman's Rho menggunakan aplikasi SPSS 23.0 for windows menunjukan nilai significant ? value = 0,000 yang lebih kecil dari nilai ? yaitu 0,05 (?<0,05) yang menunjukkan bahwa adanya hubungan adiksi game online dengan status mental (kecemasan, stres dan depresi) pada siswa di masa pandemi di SDN Sidotopo Wetan I Surabaya. Diharapkan para orang tua agar lebih perhatian terhadap anak dengan cara memberi kasih sayang serta melakukan pengawasan penuh terhadap anak agar tidak mengalami gangguan terhadap mental anak yang diakibatkan oleh adiksi game. Kata Kunci : Adiksi, Status Mental, Siswa 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah