Abstract :
Self Directed Learning adalah Pembelajaran mandiri sebagai upaya siswa untuk
meningkatkan pengetahuan, keterampilan, prestasi dan pengembangan diri pribadi.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Hubungan Self Directed Learning
Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Reguler selama Melakukan
pembelajaraan E-learning di STIKES Hang Tuah Surabaya
Desain penelitian cross section dengan teknik proality sampling pendekatan simple
random sampling. Populasi sebanyak 437 mahasiswa dengan sample berjumlah 209
mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan kuisoner Self Directed Learning
dan indeks prestasi akademik. Analisis data yang dilakukan dengan uji Spearmen
Rho Correlation.
Hasil penelitian ini di peroleh ? =0,000 (? > 0,05) maka menunjukan ada Hubungan
Self Directed Learning dengan indeks prestasi akademik mahasiswa regular
melakukan pembelajaran E-learning di STIKES Hang Tuah Surabaya.
Implikasi penelitian adalah dimana salah satu yang mendorong individu untuk
meraih Self Directed Learning yang tinggi dengan cara belajar mahasiswa sehingga
mahasiswa tersebut memiliki IPK yang bagus.
Kata Kunci : Self Directed Learning, Indeks Prestasi Akademik