Abstract :
Belajar di rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain
mengenai pandemi COVID-19. Sejak sistem pembelajaran di rumah
diberlakukan, banyak orang tua yang melakukannya mengeluhkan sistem belajar
di rumah karena menambah beban mereka dalam pandemi saat ini. Beberapa
kendala pembelajaran online selama pandemi diantaranya kurang tersedianya
sarana dan prasarana masih banyak siswa dan orang tua yang tidak memiliki
sarana dan prasarana untuk melakukan pembelajaran online seperti gadget
dan koneksi internet yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui tingkat stres orang tua terhadap pembelajaran online masa pandemi
COVID-19.
Penelitian ini menggunakan metode literatur review. Pencarian literatur dilakukan
pada bulan November 2020-Februari 2021. Pencarian literatur dalam literature
review ini menggunakan database dengan kriteria kualitas tinggi dan sedang, yaitu
ProQuest, Pubmed, dan Google Scholar. Berdasarkan analisis jurnal ditemukan 5
jurnal yang dapat digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan sosial akibat pandemi COVID-19
sudah dirasakan orang tua yang memiliki anak usia sekolah dan pembelajaran
daring sesuai dengan kebijakan COVID-19 di Indonesia yang menyebabkan stres
tingkat sedang.
Implikasi pada penelitian ini adalah pekerja sosial anak dapat memberikan
layanan psikososial online untuk orang tua yang mendampingi anak di rumah,
seperti konseling keluarga, terapi keluarga yang dilakukan orang tua dan anak-
anak dapat melakukannya, dan meningkatkan ketahanan keluarga selama COVID-
19.
Kata Kunci : Stres, Pembelajaran daring, Pandemi Covid-19