Abstract :
Kehidupan di jalanan yang bebas memang memiliki perubahan minat belajar dan
perilaku sosial untuk anak, salah satu faktor terburuk yaitu kurangnya minat
belajar anak saat ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan
minat belajar dan perilaku sosial anak jalanan.
Desain menggunakan observasional analitik pendekatan Cross Sectional Designs
didapatkan 36 anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Instrumen
pada penelitian ini menggunakan kuesioner, dan disebar secara langsung dengan
tetap menggunakan protokol kesehatan. Data dianalisis menggunakan Uji
Spearman Rho dengan kemaknaan (? ? 0,05).
Hasil penelitian ini telah diuji menggunakan Spearman Rho didapatkan hasil ? =
0,000 yang menunjukkan adanya hubungan antara minat belajar dan perilaku
sosial anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya.
Perilaku sosial dan minat belajar sangatlah penting untuk dibentuk sejak dini dan
dikembangkan, sehingga dampak yang ditimbulkan tidak menjadi lebih parah, hal
ini menunjukkan perilaku sosial adalah tindakan yang dilakukan secara sengaja,
sadar, serta berpengaruh untuk kehidupan anak kedepannya.
Dalam pengalaman sehari-hari, belajar adalah proses memahami apa yang tidak
kita ketahui dan jika minat belajar dan perilaku sosial anak-anak jalanan di UPTD
sudah baik maka mereka sudah bisa berproses untuk menuju ke kehidupan yang
sebenarnya dengan terjun kembali ke masyarakat luas dengan pengetahuan yang
mereka pelajari di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya.
Kata kunci : Minat belajar, perilaku sosial, anak jalanan